Saturday, June 25, 2016

Menjadi Guru Idola Melalui Lesson Plan Kelas II

Dalam postingan kedua saya sudah memposting Lesson Plan Kelas I, kini saya posting Lesson Plan kelas II. Lesson Plan ini dipakai dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Kristen tetapi juga dapat dipakai sebagai contoh untuk  bidang studi yang lain. Dalam hubungan dengan menjadi guru idola maka pembuatan Lesson Plan tidak hanya berhenti pada salah satu kelas tetapi berlanjut untuk kelas berikutnya. Disinilah guru dituntut bekerja secara profesional tetapi juga penuh kesadaran akan panggilan Tuhan menjadi seorang pendidik Kristen. Singkatnya menjadi guru Idola butuh proses perjuangan. Perjuangan mulai dari pembuatan Lesson Plan, sehingga proses pembelajaran berjalan sesuai dengah rencana, bukan spontanitas. Berikut Lesson Plan kelas II



Unit Lesson Plan
Semester
Date:  
Subject:  Agama (Kristen)


Grade Level
WEEK
What do we want students to learn?
How best will students learn?
How will we know what students have le8ned?
Teachers’ Notes
Specific Expectations
Students will:
Sample Questions
(Bloom’s Taxonomy)
Sample Activities
Sample Assessments
Resources & Reflections
EL 2
Unit Title:
Berkata Jujur
Character
Value: Jujur, Terbuka, Mengakui Kesalahan
WEEK 4

Selasa

Jam ke 1


Memahami devinisi jujur.

Memahami kisah Gehazi yang tidak jujur (2 Raja-raja 5:20-27)


Siapa yang senang jika dibohongi oleh teman?
Bagaimana perasaanmu jika kamu dibohongi oleh temanmu?
Menjelaskan devinisi jujur dan kisah Gehazi yang tidak jujur
Siswa melengkapi kalimat
Partisipasi di kelas
Lembar kerja siswa












Unit Lesson Plan
Semester:
Date:  
Subject:  Agama Kristen


Grade Level
WEEK
What do we want students to learn?
How best will students learn?
How will we know what students have le8ned?
Teachers’ Notes
Specific Expectations
Students will:
Sample Questions
(Bloom’s Taxonomy)
Sample Activities
Sample Assessments
Resources & Reflections
EL 2

Unit Title:

Bersyukur sebagai Anak Indonesia

Character Value:
Menghormati,
Peduli,





WEEK 1

Selasa

Jam ke-1

Mengetahui pulau-pulau besar  dan beberapa suku yang Tuhan berikan untuk Indonesia
Apa saja yang Tuhan berikan untuk Indonesia

Dapatkah kamu menyebutkan nama-nama pulau besar di Indonesia ?

Siapakah yang menciptakan pulau-pulau itu ?

Kamu berasal dari pulau mana dan suku apa ?
Guru menjelaskan tentang segala sesuatu yang Tuhan berikan untuk Indonesia dan Peristiwa air bah (Kej. 7:1-24)

Siswa melengkapi kata (nama pulau) lalu memindahkan    pada gambar pulau yang sesuai..

Siswa bertanya dan menuliskan nama dan suku dari 3 orang temannya

membandingkan keindahan alam Indonesia dengan keadaan setelah peristiwa Air Bah (Kejadian 7:1-24) serta menjelaskan mengapa air bah terjadi
Respon di kelas



Hasil kerja di kelas             







Hasil diskusi
Materials:
Kertas, pensil, gambar buta. Penggaris, solatip, gunting




Reflections:



Selasa

Jam ke-2
Mengetahui cara bersyukur sebagai bangsa Indonesia
Mengapa harus bersyukur ?

Apa yang perlu kamu syukuri?

Bagaimana caramu bersyukur sebagai bangsa Indonesia ?

Apakah kamu pernah melihat kekayaan alam Indonesia seperti  Bali ? Danau Toba ? dll
Menjelaskan bahwa bersyukur tidak hanya melalui kata-kata/doa tetapi harus ditunjukkan dengan perbuatan/sikap
Murid menggambar  tentang keindahan alam/budaya Indonesia sebagai pemberian Tuhan,  (yang murid pernah lihat saat berlibur/ berwisata) lalu memberikan penjelasan 
Partisipasi di kelas




Hasil diskusi





Ide dan keterangan  gambar














Unit Lesson Plan
Semester:
Date:
Subject:  Agama Kristen


Grade Level
WEEK
What do we want students to learn?
How best will students learn?
How will we know what students have learned?
Teachers’ Notes
Specific Expectations
Students will:
Sample Questions
(Bloom’s Taxonomy)
Sample Activities
Sample Assessments
Resources & Reflections
EL 2

Unit Title:

Memuliakan Tuhan dengan perbuatan baik

Character Value:
     Peduli,
Hormat
WEEK 2

Selasa



Berbuat baik/ saling menolong dengan semua anggota keluarga

Rela menolong/memberi perhatian kepada teman di sekolah tanpa membedakan suku, agama dll

Tidak membalas kejahatan dengan kejahata



Mengapa harus berbuat baik ?

Kepada siapa kita harus berbuat baik?




Guru menjelaskan berbuat baik /tindakan kasih adalah sebagai bukti sudah menjadi anak-anak Tuhan. Tuhan Yesus sudah memberi teladan yaitu ketika Dia disiksa, dipukul, diludahi dia tidak membalas, tetapi mendoakan mereka.

Siswa  mengisi tabel daftar perbuatan baik yang pernah mereka lakukan kepada  ayah, ibu, saudara

Spontanitas fragmen di kelas “menolong teman”


Partisipasi di kelas







Lembar kerja




Ide/spontanitas di kelas          
Materials:

Kertas A4
Pensil, penggaris


Reflections:





















No comments:

Post a Comment